Yuk Kenalan dengan CoQ10: Bahan Perawatan Kulit yang Bermanfaat

Y

Masalah kulit memang tiada habisnya! Apalagi saat menginjak usia 20 tahunan masalah kulit semakin bertambah. Rasanya saat remaja menghadapi jerawat saja sudah masalah besar. Sekarang semakin tua, kulit juga kehilangan elastisitasnya. Ya! Selamat datang kulit berkerut. Tapi jangan risau, karena artikel ini akan membahas mengenai bahan yang bisa mengatasi masalah penuaan kulit kamu. Simak ulasan di bawah ya! Mari kita bahas bagaimana CoQ10 dapat membantu.

Inovasi Di Industri Skincare

Tidak dipungkiri, dunia semakin berkembang. Begitu pula dengan skincare. Banyak bahan terobosan baru yang mengklaim bisa membantu menanggulangi masalah kulit tertentu. Pernah dengar bahan CoQ10? Bagi para skincare junkies mungkin bahan ini terdengar asing.

Nah, di sini akan dibahas mengenai bahan ini. Dia adalah bahan perawatan kulit yang menawarkan banyak manfaat. Seperti anti-penuaan, anti-oksidan, dan restoratif yang baik kulit kamu. Untuk lebih mengenali bahan ini mari baca artikel ini sampai habis ya!

Pertama-tama, Apa itu CoQ10?

CoQ10 kependekan dari Coenzyme Q10 yang merupakan senyawa alami yang dihasilkan oleh tubuh. Fungsi dari senyawa ini hampir sama seperti vitamin. Senyawa ini didapat dari daging atau makanan laut. CoQ10 juga bertugas sebagai antioksidan dan cukup bermanfaat di dunia kecantikan. Dalam dunia kecantikan, CoQ10 digunakan untuk mengurangi tanda penuaan. Dalam penelitian dari jurnal Biofactors, mengkonsumsi suplemen CoQ10 bisa membantu dalam mengurangi kerutan, sehingga tampak lebih muda dan lebih lembut. Hal ini karena CoQ10 memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Enzim CoQ10 memang dihasilkan oleh tubuh secara alami. Namun seiring bertambahnya usia, produksi CoQ10 semakin menurun biasanya mulai menurun saat usia 30 dan 40 tahunan. Faktor lain yang menyebabkan penurunan produksi CoQ10 adalah stres. Padahal, enzim ini berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Dia bisa menjadi zat penting untuk melawan penuaan dan radikal bebas. Karena alasan itu, maka kini produk skincare mulai mencampurkan bahan sintetis CoQ10 dalam produk mereka. Tentu saja untuk menjadi bahan antioksidan.

Fakta Menarik:
Untuk mempercepat proses, lebih baik menggunakan produk topikal atau oles ketimbang mengonsumsi suplemen. Karena penetrasinya lebih cepat masuk ke kulit.

Apa Manfaatnya Untuk Kulit?

Untuk mengetahui lebih dalam tentang CoQ10, simak ulasan mengenai manfaat CoQ10 di bawah ini:

Membantu Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, CoQ10 dapat membantu meregenerasi kulit dan memiliki kekuatan untuk menangkal racun. Oleh karenanya, CoQ10 bisa membuat kulitmu tampak lebih muda. CoQ10 juga membuat kulitmu lebih berenergi, saat kulit kamu berenergi maka kulitmu lebih bercahaya.

Menangkal Radikal Bebas

Paparan sinar matahari dan polusi memiliki dampak buruk bagi kulit. Faktor-faktor eksternal ini membuat kulit kamu kusam. Radikal bebas seperti polusi, masuk ke dalam kulit dan menyebabkan kerusakan sel di dalam. Dengan adanya dukungan dari CoQ10, bisa membantu menangkal radikal bebas.

Bagaimana CoQ10 dapat membantu menangkal radikal bebas?

CoQ10 adalah antioksidan, dia mampu memberikan elektronnya yang berfungsi menetralkan racun. Zat ini juga bisa menghambat potensi kerusakan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV serta mencegah photoaging.

Beberapa penelitian juga mengamati bahwa produk topikal yang mengandung CoQ10 mampu menurunkan kadar radikal bebas di kulit. Dia juga berfungsi menurunkan penanda inflamasi kulit lainnya.

Memperlambat Proses Penuaan

CoQ10 merupakan bahan ampuh untuk menanggulangi masalah penuaan. CoQ10 terbukti efektif memperlambat proses penuaan, karena dia dapat menembus hingga lapisan dalam kulit. CoQ10 merangsang produksi kolagen dan fibroblas. Di mana kedua ini sangat penting dalam menjaga elastisitas dan struktur kulit. Bila terjadi penurunan pada kedua ini menyebabkan kulit keriput dan kendor.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa produk topikal yang mengandung CoQ10 dapat membantu melawan garis-garis halus. Karena CoQ10 dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat mengencangkan kulit.

Meratakan Warna Kulit dan Mencegah Hiperpigmentasi

CoQ10 membantu memudarkan dan mencegah hiperpigmentasi dan bintik hitam yang disebabkan oleh penumpukan melanin dalam kulit. CoQ10 menghambat aktivitas tirosinase, enzim yang memproduksi melanin.

Mampu Mengobati Jerawat

CoQ10 sebenarnya adalah antioksidan. Di mana antioksidan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu menurunkan produksi sebum berlebih. Dia juga bisa membantu menyeimbangkan kulit saat kulit terpapar banyak bahan kimia seperti benzoyl peroxide, yang bisa mengeringkan kulit.

Selain itu, CoQ10 dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat. Karena CoQ10 memiliki sifat non-komedogenik yang artinya tidak menyumbat pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat. Juga membantu memproduksi kolagen sehingga membuat kulit tampak lebih muda. 

Khasiat CoQ10 dan Vitamin C

CoQ10 dan Vitamin C memiliki sifat dan kegunaan yang sama yakni menangkal radikal bebas. Keduanya juga dapat membantu proses daur ulang Vitamin E sebagai antioksidan utama tubuh. Namun, menariknya CoQ10 mampu mengatasi kelemahan utama Vitamin C:

  • Tidak menyebabkan iritasi, yang biasanya sering terjadi saat suatu produk mengandung vitamin C

Oleh karena CoQ10 dinilai lebih aman dan efektif, maka banyak produk perawatan kini telah menambahkan bahan CoQ10 dalam produk mereka.

Menurut seorang asisten dokter kulit dan kecantikan di Los Angeles, Jessica Wu, mengatakan bahwa CoQ10 dapat menambah elastisitas kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Di mana seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen semakin menurun. Sehingga kulit menjadi mudah kendur dan keriput.

Efek Samping CoQ10

Meski CoQ10 lebih baik dari pada Vitamin C, bukan berarti bahan ini tidak memiliki efek samping. Untuk produk aplikasi topikal CoQ10 memang dinilai aman untuk semua jenis kulit. Namun, kalian perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan bagi kamu yang memiliki kondisi kulit tertentu seperti vitiligo. Telah terbukti bahwa CoQ10 menghambat aktivitas tirosinase di kulit, yang dapat memperburuk depigmentasi pada mereka yang menderita atau memiliki riwayat vitiligo.

Poin Penting

CoQ10 tidak diragukan lagi sangat efektif dan bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlihat muda. Zat ini sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga dapat membantu menghambat penuaan secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia terjadi penurunan dalam produksi zat ini, sehingga membutuhkan produk topikal untuk membantu menyehatkan kulit kamu.

About the author

Bertha S.

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.