Lip Balm: Manfaat dan Alasan Penting Pemakaian Lip Balm

L

Banyak orang meremehkan penggunaan lip balm dalam rutin sehari-hari. Atau banyak yang beranggapan bahwa lip balm hanya cocok digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah yang dingin atau oenurunan suhunya ekstrim. Namun, tahukah kamu bila bibir ternyata juga memiliki lapisan kulit yang harus dijaga sama halnya dengan kulit wajah? Pemakaian lip balm yang tepat, sebenarnya bisa menjaga penampilan kulit bibir dan memastikannya tetap sehat. Mari kita lihat dan bahas lebih lanjut tentang apa saja manfaat pemakaian lip balm dan apakah pemakaian pelembab bibir sesering mungkin baik untuk menjaga kelembapan bibir. 

Pelembab Bibir – alasan pemakaian

Ada beberapa alasan mengapa lip balm diaplikasikan. Tidak benar pendapat yang mengatakan lip balm hanya cocok digunakan untuk orang-orang yang tinggal di tempat yang dingin saja. Pasalnya, manfaat lip balm tidak cuma terbatas untuk melembabkan bibir saja. Bagi yang suka pakai lipstick, pemakaian pelembab bibir sebelum penggunaan lipstick bisa mempermudah pengaplikasian lipstick pada bibir karena lip balm membuat kulit bibir menjadi licin dan halus. Sama seperti lipstick, lip balm juga ada yang cair ada juga yang matte.

Bila kamu menggunakan yang bentuk mate, pastikan kamu menggunakan sedikit lapisan saja dan baru setelah kering, kamu bisa memberikan lapisan lipstick.  Bila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif, kamu bisa menggunakan lip balm dari bahan-bahan alami atau natural lip balm. Riset penelitian menunjukkan natural lip balm yang menggunakan ekstrak wortel karena selain bisa unutk melembabkan, ternyata juga tidak memberikan efek samping negatif bila dibandingkan dengan lip balm yang dijual di pasaran. 

Tips:
Pelari sebenarnya juga menggunakan lip balm, tapi tidak di bibir melainkan di daerah hidung saat cuaca atau suhu mengalami penurunan. Fungsinya, agar area tersebut tidak kering atau pecah-pecah sehingga merusak penampilan. 

Selain melembabkan dan mempermudah pengaplikasian lipstick, lip balm juga memiliki manfaat lainnya. Mari kita lihat apa lagi manfaat dari produk perawatan lip balm. 

Lip balm – manfaat lainnya

Banyak orang tidak tahu kalau lip balm ternyata memiliki banyak fungsi penyembuhan untuk kulit bibir dan memberikan penampilan yang lebih menarik. Berikut manfaat lebih lanjut dari pemakaian lip balm pada kulit bibir:

  • Merawat kulit bibir yang pecah-pecah

Bila kamu mengalami maslaah bibir kering dan pecah-pecah, pasti rasanya sakit dan tidak nyaman. Bibir kering dan pecah-pecah umum terjadi karena kulit bibir lebih tipis dan halus bila dibanding dengan kulit wajah. Maka dari itu, perlu perawatan ekstra agar bibir tetap sehat. Pemakaian lip balm bisa membantu agar kulit bibir tetap lembab dan terhidrasi sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa dihindari dan bila memang sedang mengalami masalah tersebut, pengaplikasiaan lip balm bisa membantu kulit bibir agar sembuh lebih cepat. 

  • Membuat penampilan lebih menarik

Pemakaian lip balm selain melembabkan bibir juga membuat penampilan jadi lebih menarik. Lagipula, bibir yang pecah-pecah dan kering tentunya sangat tidak sedap dipandang. Jadi pastikan bila kamu bepergian ke daerah yang dingin pastikan kamu menggunakan lip balm agar bibirmu terbebas dari bibir kering dan pecah-pecah. 

  • Membuat bibir tampak lebih tebal 

Kaum wanita pasti senang bila penampilan bibir tampak tebal dan lembab. Salah satu cara cepat yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan mengaplikasikan lip balm. 

  • Mengandung perlindungan SPF 

Lip balm yang banyak dijual di pasaran dewasa ini, kebanyakan sudah memiliki kandungan SPF di dalamnya. Hal ini sangat praktis terutama bagi mereka yang suka beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya kulit wajah saja yang perlu diberi perlindungan dengan sunscreen, namun kulit bibir pun perlu mendapatkan perlindungan yang sama.

  • Memperlancar peredaran darah pada bibir

Kulit bibir yang terhidrasi dengan baik bisa memproduksi lebih banyak kolagen. Peningkatan jumlah kolagen bisa membuat bibir lebih elastis dan tampak muda. Pemakaian lip balm bisa memastikan bibir tetap terhidrasi 

  • Mempermudah pemakaian lipstick

BIla kamu merasa susah mengaplikasikan lipstick secara merata, kamu bisa mengaplikasikan lip balm terlebih dahulu. Penggunaan lip balm bisa membuat bibirmu lebih licin sehingga lebih mudah unutk memakai lipstick secara merata sesudahnya. 

Fungsi utama dari lip balm memang melembabkan dan merawat kulit bibir agar tidak kering dan menjadi pecah-pecah. Selain itu, lip balm juga bisa meningkatkan penampilan dengan membuat bibir tampak lebih tebak, berisi, dan lembab. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan lip balm agar kulit bibir tetap lembab dan terhidrasi. 

Apakah baik bila memakai lip balm sesering mungkin?

Karena lip balm bisa melembabkan dan membuat penampilan lebih menarik, kaum wanita biasanya suka mengaplikasikannya sesering mungking. Namun, apakah ada efek sampingnya bila mengaplikasikan lip balm terlalu sering dan terlalu banyak? Menurut seorang ahli dermatologis asal New York dan penulis Dirty looks, Whitney Bowe, MD, pemakaian lip balm yang berlebihan bisa memberikan efek terbalik.

Bukannya mendapatkan bibir yang lembab dan halus, penggunaan lip balm berlebihan bisa membuat kulit bibir menjadi kering. Pasalnya, lip balm yang berlebihan membuatmu ingin terus menjilat bibir. Saliva atau air liur yang ada pada bibir akhirnya akan menguap dan membuatmu ingin menjilat bibir lagi dan terus begitu sampai bibir terasa kering. 

Selain itu, bila terlalu banyak atau sering menggunakan lip balm, hal ini bisa membuat kulit bibir kehilangan kemampuan alaminya untuk beradaptasi pada suhu lingkungan. Bila kamu merasa harus memakai lip balm setiap saat, kamu perlu mengecek komposisi bahan yang digunakan pada produk tersebut. 

Tips:
Biasanya bahan-bahan seperti mentol, kayu manis, camphor, memberikan efek adiktif dan membuatmu ingin terus menjilati bibir atau terus mengaplikasikan lip balm. Jadi sebisa mungkin, saat membeli lip balm, hindari bahan-bahan tersebut. 

Hanya karena suatu produk memiliki efek baik bagi kulit atau bisa membuat penampilan kita jadi lebih menarik, bukan berarti pemakaian bisa dilakukan sesering mungkin. Penggunaan yang berlebihan malah bisa memberikan efek yang negatif. Memakai lip balm yang berlebihan malah bisa membaut bibir jadi kering dan bila berkelanjutan bisa pecah-pecah. 

Kesimpulan

Lip balm memang memiliki banyak manfaat bagi kulit bibir. Fungsi utamanya yaitu untuk menghidrasi dan melembabkan kulit bibir. Kulit bibir yang terhidrasi dan lembab bisa membantu lancarnya peredaran darah dan membantu produksi kolagen pada kulit bibir. Tidak benar bila lip balm hanya cocok digunakan oleh mereka yang tinggal di daerah yang suhu dan temperaturnya rendah. Mereka yang suka beraktifitas di luar dan tinggal di iklim tropis juga cocok menggunakan lip balm.

Pelembab bibir sendiri ada banyak macamnya, mulai yang gloss, matte, atau bahkan yang natural atau menggunakan bahan-bahan alami seperti dari ekstrak tumbuh-tumbuhan. Disarankan menggunakan yang natural lip balm karena dibandingkan dengan lip balm yang ada di pasaran, natural lip balm tidak memberikan efek negatif sebesar lip balm yang menggunakan bahan kimia.  Manfaat lainnya lip balm selain untuk melembabkan juga bisa untuk melindungi kulit bibir dari sinar matahari berlebih karena lip balm sekarang banyak yang menggunakan bahan-bahan yang mengandung SPF.

Bila kamu suka beraktifitas di luar, ada baiknya kamu juga menggunakan lip balm untuk melindungi kulit bibirmu. Pelembab bibir juga bisa digunakan unutk merawat dan mempercepat penyembuhan bibir kering dan pecah-pecah. Kamu cukup oleskan sedikit saja pada bibirmu untuk melihat manfaatnya. Hanya karena lip balm sangat bermanfaat, sama sperti produk perawatan lainnya, tidaklah baik unutk menggunakannya terlalu sering atau terlalu banyak. Bila diaplikasikan terlalu sering, bisa membuat bibir malah jadi kering.

Alasannya, lip balm yang terlalu banyak membuatmu ingin terus menjilat bibir dan saat itu air liur yang tertinggal di bibir akan menguap dan membuat bibirmu kering, lalu kamu akan mejilat bibirmu lagi. Akhirnya bibir jadi kering. Hindari juga bahan-bahan seperti mentol, kayu manis, dan camphor karena bahan-bahan tersebut memberikan efek adiktif dan membuatmu ingin terus menjilati bibir. Maka dari itu, pastikan kamu mengecek komposisi lip balm yang akan dibeli dan aplikasikan dengan benar dan tidak berlebihan. 

Referensi:

  1. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1402/5/055070
  2. https://www.researchgate.net/publication/301204451

About the author

Viona Villarica

Add comment

Tentang Minimalist

Minimalist adalah satu tempat untuk menemukan semua informasi yang jelas, singkat, dan tidak memihak tentang solusi perawatan kecantikan kulit dan rambut yang perlu Anda ketahui.